BAHAN:
40 gr mentega
2 bh bawang merah
225 gr udang yang agak besar
100 gr jamur champignon kalengan
1 bh paprika merah
1 bh jeruk lemon
1/4 sdt pala bubuk
1 sdt garam
1 sdt merica
150 ml krim kental
Beberapa lembar daun selada untuk garnis
10 gr peterseli cincang untuk taburan
CARA MEMBUAT UDANG FLAMBEED:
1. Kupas bawang merah, cincang hingga halus, sisihkan. Bersihkan udang, buang bagian kepala, kupas kulit punggungnya, sisakan bagian ekor. Didihkan 500 ml air, masukkan udang. Lalu rebus hingga matang. Angkat dan tiriskan. Sisihkan. Tiriskan jamur champignon lalu potong belah dua, sisihkan. Ambil paprika merah, cuci bersih lalu belah dua. Buang bijinya dan potong membentuk korek api. Sisihkan. Belah dua jeruk lemon, peras airnya, sisihkan.
2. Siapkan panci untuk saus atau wajan besar yang agak cekung, lalu panaskan. Masukkan mentega, biarkan meleleh dan panas, tumis bawang merah hingga harum dan layu. Masukkan udang yang telah direbus, aduk-aduk. Tambahkan potongan jamur champignon. Masak dengan api agak besar sambil diaduk hingga bumbu merata.
3. Masukkan potongan paprika lalu tambahkan air perasan jeruk lemon, pala bubuk, garam, dan lada bubuk. Aduk-aduk
lagi hingga tercampur semua bahan tercampur rata
4. Masukkan krim kental ke dalam tumisan, aduk hingga cairan atau kuah mengental dan mendidih. Angkat. Siapkan wadah saji, beri alas daun selada di atasnya. Sajikan udang di atas daun selada dan beri peterseli cincang untuk taburan.

INFO:
• Porsi: 3 porsi • Persiapan memasak: 10 menit • Lama memasak: 10 menit
• Kalori: 241,3 kal • Protein: 13,7 gr • Lemak: 21,3 gr • Karbohidrat: 4,8 gr
TIPS:
* Jika Anda ingin olahan yang lebih sehat, cukup ganti krim kental dengan krim encer yang rendah lemak. Bisa juga ditambah dengan sedikit yogurt tawar, asalkan penggunaan air jeruk lemon sedikit dikurangi agar tidak terlalu asam.
* Agar terlihat lebih segar, gunakan champignon segar, cincang kasar, lalu tumis berbarengan dengan udang.