BAHAN:
200 gr beras ketan putih
100 ml santan dari 1/4 btr kelapa
1 sdt garam
21br daun pandan, simpulkan
1/2 btr kelapa yang agak muda
1/2 sdt garam, ekstra
300 gr labu kuning
100 gr gula pasir untuk taburan
Daun pisang untuk alas
CARA MEMBUAT KETAN WALUH:
1. Sehari sebelumnya, cuci bersih beras ketan putih, lalu rendam selama semalam. Besoknya bilas beras ketan dengan air bersih. Lalu kukus dalam dandang yang sudah dipanaskan selama 15 menit hingga setengah matang. Angkat dan tiriskan. Sisihkan. Kupas bersih labu kuning lalu potong dadu 1 cm, sisihkan. Campur kelapa parut muda dengan garam, aduk hingga rata, sisihkan.
2. Parut kasar kelapa yang agak muda, campurkan dengan garam ekstra. Sisihkan. Siapkan panci agak besar, masukkan beras ketan kukus, santan, garam dan daun pandan. Panaskan dengan api kecil. Masak sambil diaduk hingga santan terserap habis dan beras ketan menjadi aron. Jangan lupa untuk terus mengaduk beras ketan saat direbus bersama santan agar tidak berkerak dan gosong di bagian dasar panci.
3. Siapkan dandang, beri air secukupnya. Lalu panaskan hingga mendidih. Alasi dengan daun pisang. Tuang beras aron ke dalam dandang panas, beri kelapa parut yang telah dicampur sedikit garam, dan potongan labu di atasnya. Kukus selama 30-35 menit atau hingga beras ketan benar-benar matang. Angkat.
4. Siapkan Beberapa wadah saji atau piring hidang, alasi dengan daun pisang. Tuangkan ketan kelapa di atasnya, lalu taburi dengan gula pasir. Sajikan segera panas-panas;
TIPS:
* Ketan ini cocok pula disajikan dengan kinca (air gula merah) dengan mendidihkan 200 ml air bersama 1 lbr daun pandan dan 150 gr gula merah yang telah disisir atau diiris tipis. Didihkan hingga mengental.
* Bila suka, Anda bisa menambahkan jagung pipilan sebagai campuran ketan. Kukus berbarengan dengan ketan dan kelapa.

• Porsi: 4 porsi • Persiapan memasak: 15 menit • Lama memasak: 50 menit
• Kalori: 280,8 kal • Protein: 5,7 gr • Lemak: 6,8 gr • Karbohidrat: 49,2 gr