BAHAN:
5 buah kentang tes besar
2 buah mentimun
4 helai daun selada
2 bh jeruk nipis
2 btr telur
2 bh tomat merah ukuran sedang
100 gr wortel
1 sdm irisan halus daun peterseli
1000 ml air untuk merebus
SAUS MAYONES:
2 btr kuning telur
500 ml minyak salad
1/2 sdt cuka
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica
CARA MEMBUAT SELADA KENTANG:
1. Didihkan air, rebus kentang yang sudah dicuci bersih hingga matang. Angkat dan tiriskan. Biarkan dingin. sisihkan. Mentimun dipotong dadu kecil. Sisihkan. Cuci bersih daun selada, lalu cabik-cabik. Rebus telur hingga matang. Tiriskan dan kupas. Lalu iris tipis atau gunakan pemotong telur. Sisihkan. Tomat dibelah dua lalu buang bijinya. Potong-potong tomat menjadi bentuk dadu kecil.
2. Kupas kentang rebus, lalu potong-potong bentuk dadu, sisihkan. Cuci bersih wortel, kupas. Lalu potong-potong bentuk dadu kecil. Kemudian rebus 5 menit dalam air mendidih. Angkat dan tiriskan. Sisihkan
3. Ambil ktining telur, masukkan ke dalam mangkuk agak besar. Tuangkan minyak salad. Kocok hingga rata. Tambahkan air jeruk nipis, cuka, garam dan merica sambil terus dikocok hingga dihasilkan saus salad yang lembut, kental, dan menyatu atau mengelmusi.
4. Campur dan aduk rata wortel rebus, kentang rebus, potongan timun, tomat, daun selada dan irisan peterseli. Tuang saus mayones, adukaduk hingga tercampur rata. Sajikan dengan irisan telur rebus di atasnya.
TIPS:
* Ingin lebih segar, simpan sayuran salad dalam lemari pendingin sebelum dicampur dan disajikan dengan saus mayones.
* Anda juga bisa menambahkan cincangan kacang mede atau kacang tanah yang dipanggang atau disangrai sebagai taburan salad sesaat sebelum disajikan.

• Porsi: 5 porsi • Persiapan memasak: 20 menit • Lama memasak: 25 menit
• Kalori: 247,7 kal • Protein: 9,5 gr • Lemak: 7,02 gr • Karbohidrat: 36,6 gr