BAHAN:
450 gr tepung self rising, lebihkan untuk taburan
2 sdm jahe bubuk
2 sdm gula kaster
100gr mentega, lebihkan untuk olesan
310 ml susu cair
300 ml krim kental yang dikocok kaku atau
whip cream untuk garnis dan isi
SAUS STRAWBERI:
75 gr gula pasir
200 ml air
150 gr strawberry
CARA MEMBUAT SCONE JAHE SAUS STRAWBERRY:
1. Panaskan oven dengan suhu 220°C. Olesi loyang besar persegi dengan sedikit mentega. Sisihkan. Campur tepung self rising dan jahe bubuk, aduk hingga rata. Tambahkan gula kaster, ratakan kembali. Masukkan mentega, aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata. Buat lubang di tengahnya.
2. Kemudian tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan-lahan dengan sendok kayu hingga rata. Dengan tangan Lanjutkan menguleni hingga adonan kalis. Setelah itu, gilas dengan rolling pin setebal 1 cm hingga rata. Adonan lalu dicetak bulat dengan cetakan berdiameter 6 cm hingga dihasilkan 16 scone atau bulatan. Susun semua scone dalam loyang dan ben jarak di antaranya. Taburi bagian atasnya dengan tepung self-rising ekstra. Panggang selama 10 menit atau hingga scone matang dan berwarna kecokelatan. Sisihkan.
3. SAUS:
Cincang Kasar strawberry segar, sisihkan. Rebus gula pasir dan air hingga gula larut. Masukkan Cincangan strawberry, aduk hingga buah menjadi setengah hancur. Angkat, biarkan hingga dingin.
4. Sajikan scone dengan cara dibelah dua, lalu diisi dengan saus strawberry dan whip cream atau krim kental yang sudah dikocok kaku. Sajikan segera.

TIPS:
* Scone yang matang saat diketuk dengan kuku tangan pada bagian bawahnya, akan terdengar menggema.
* Gunakan pisau bergerigi yang tajam atau gunting untuk memotong bagian nisi scone. Pisau yang tajam akan mengurangi jumlah remah yang terbuang saat dipotong.

• Porsi: 16 scone • Persiapan memasak: 10 menit • Lama memasak: 10 menit
• Kalori: 199,1 kal • Protein: 3,3 gr • Lemak: 8,3 gr • Karbohidrat: 30,6 gr