BAHAN:
200 gr daging ayam tanpa tulang
150 gr kembang kol
150 gr wortel, potong bulat kembang
150 gr jamur merang
100 gr jagung muda
75 gr kacang kapri
1 btg daun bawang
2000 ml kaldu ayam
2 sdm minyak goreng
1 sdm mentega
1 bh bawang bombay
6 siung bawang putih
1 sdt garam
1 sdt merica
1 bks kaldu ayam bubuk
1 bh jeruk nipis
CARA MEMBUAT SUP AYAM JAMUR:
1. Ambil daging ayam, potong-potong bentuk dadu ukuran 2 cm, sisihkan. Potongpotong kembang kol per kuntum, sisihkan. Kupas wortel, potong bulat bentuk bunga. Belah empat jamur merang, sisihkan. Bersihkan jagung muda, iris serong tipis, sisihkan. Ambil kacang kapri, buang bagian seratnya, sisihkan. Ambil daun bawang, potong-potong sepanjang 2 cm, buat kembang di bagian ujungnya.
2. Cincang kasar Bawang bombay dan bawang putih. Panaskan minyak dan mentega, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan layu. Masukkan potongan ayam, aduk-aduk hingga ayam berubah warna.
3. Masukkan Potongan kembang kol, wortel, jamur, jagung muda, kacang kapri dan daun bawang. Masak sambil diaduk dengan api besar.
4. Tuang kaldu ayam cair, garam, merica, dan kaldu bubuk. Masak hingga kuah mendidih dan sayuran matang. Angkat. Sebelum disajikan beri perasan 1 bh jeruk nipis.

TIPS:
* Tambahan mentega dalam tumisan memberi rasa dan aroma yang gurih. Bisa diganti dengan margarin jika tidak suka aroma mentega.
* Bila tidak ada kembang kol, ganti dengan brokoli yang warna hijaunya terlihat lebih menarik sebagai campuran sup.
* Tambahan air jeruk nipis memberi rasa berbeda pada hasil olahan sup. Rasanya terasa lebih segar. Selain jeruk nipis, Anda juga bisa menggunakan air jeruk lemon.

• Porsi: 6 porsi • Persiapan memasak: 15 menit • Lama memasak: 20 menit
• Kalori: 149,2 kal • Protein: 22,6 gr • Lemak: 3,3 gr • Karbohidrat: 20,6 gr