1. BAHAN YANG DIGUNAKAN
Gunakanlah bahan-bahan yang berkualitas dan bagus. Misalkan, untuk keripik kentang bisa menggunakan kentang yang tua dan memiliki ciri kulit ari yang tidak mudah terkelupas. Sedangkan, untuk keripik sayuran pun demikian, harus dipilih sayuran yang berkualitas.
2. METODE PENGGORENGAN
Menggoreng keripik diusahakan dalam minyak yang cukup banyak dan panas. Perlu diingat, jangan memasukkan bahan keripik terlalu banyak sekaligus ke dalam minyak agar tidak menempel satu sama lain. Sebaliknya, masukkan bahan ke dalam minyak satu per satu agar tidak saling menempel. Goreng keripik ini sampai matang dan garing, lalu tiriskan. Keripik yang sudah digoreng bisa dibubuhi aneka rasa bumbu instan sesua selera, seperti keju, balado,jagung, dan lain-lain.
3. PENGIRISAN
Ketebalan irisan bahan keripik sangat berpengaruh pada kerenyahan keripik. Potongan yang terlalu tebal bisa membuat keripik jadi kurang garing. Gunakan pisau yang tajam agar irisan benar-benar tipis. Untuk kentang, sebaiknya iris tipis kentang sampai membentuk lembar transparan, kemudian cuci sampai bersih.
4. PERENDAMAN
Setelah dicuci bersih, rendam irisan keripik ke dalam larutan air kapursirih selama 20 menit. Perendaman ini berguna untuk membuat lapisan keripik menjadi lebih keras dan kuat sehingga saat digoreng akan jadi lebih garing. Jika ingin keripik nantinya lebih gurih maka tambahkan garam saat perendaman dengan air kapursirih. Saat akan digoreng, tiriskan lebih dahulu irisan kentang sampai benar-benarkering. Untuk menghasilkan keripik sayuran yang renyah, kandungan air di dalamnya harus dikeluarkan terlebih dahulu. Caranya, yaitu dengan merendam sayuran di larutan air garam sebelum digoreng. Waktu yang dibutuhkan sekitar 20 -3 0 menit. Selanjutnya, sayuran dibilas dengan air bersih dan dikeringkan.